Pesantren Ramadhan 1439 H RISMA 02 - RISMA 02

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 11 Juni 2018

Pesantren Ramadhan 1439 H RISMA 02


Pesantren Ramadhan 1439 H RISMA 02 merupakan rangkaian acara Semarak Ramadhan 1439 Hijriyah RISMA 02. Kegiatan Pesantren Ramadhan 1439 H RISMA 02 dilaksanakan pada tanggal 6-10 Juni 2018. Acara ini di buka oleh pembina RISMA 02 Bapak Ustad Haji Mujawid., S.Ag. Dalam pembukaannya tersebut beliau berharap, agar kegiatan yang dilakukan dari hari Rabu sampai Minggu akan bermanfaat baik materi yang didapatkan para peserta dan juga pengalaman bagi para panitia.

Rangkaian kegiatan Sanlat kali ini cukup beragam dari tahun sebelumnya di hari pertama diawali dengan pembukaan acara Pesantren Ramadhan 1439 H RISMA 02 oleh pembina RISMA 02 Bapak Ustad Haji Mujawid., S.Ag. Dilanjutkan dengan pembagian kelas, serta pembekalan dari para wali kelas kepada para peserta didik untuk persiapan kegiatan dihari berikutnya.

Di hari selanjutnya, acara terfokus kepada pemberian materi kepada peserta didik dengan pemutaran film islami. Film islami yang disajikan kepada peserta yang memberikan pemahaman mengenai sholat yang baik dan benar, juga akhlak yang baik kepada teman. Setelah pemutaran film islami dilanjutkan dengan materi untuk tiap-tiap kelas, yang diajarkan oleh para panitia. Kemudian istirahat solat Ashar berjamaah—pembacaan Juz Amma secara bersama. Acara ditutup dengan do'a dan salam-salaman antara panitia dengan peserta.

Di hari selanjutnya atau hari ketiga. Acara diisi dengan materi tiap kelas dan mewarnai untuk peserta didik kelas A. Dilanjutkan dengan materi pengenalan peninggalan sejarah Islam. Para peserta sangat antusias dengan pengenalan peninggalan sejarah Islam ini, beberapa mereka sudah mengetahui dan mencoba memberikan pengetahuannya kepada teman yang lain. Kemudian istirahat solat Ashar berjamaah—pembacaan Juz Amma secara bersama. Acara ditutup dengan do'a dan salam-salaman antara panitia dengan peserta 😃

Kegiatan sanlat di hari ke empat cukup panjang dan juga melelahkan. Acara dimulai dengan materi dongeng yang dibawakan oleh Kak Fajar Agustian., S.Pd. Kak Fajar memberikan dongeng yang lucu dan memberikan pelajaran mengenai sifat kedermawanan. Dilanjutkan dengan materi untuk tiap kelasnya. Kemudian istirahat solat Ashar berjamaah—pembacaan Juz Amma secara bersama. Acara ditutup dengan do'a dan salam-salaman antara panitia dengan peserta. Acara dilanjutkan setelah solat Isya dan solat Tarawih berjamaah dimushola. Peserta menonton film sahabat Nabi yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab. Lalu istirahat malam untuk persiapan Qiyamul Lail. 😊

Setalah istirahat malam peserta dibangunkan untuk melakukan solat Tahajjud bersama, dilanjutkan dengan keliling membangunkan orang untuk sahur, dan sahur bersama antar peserta dengan panitia. Setelah solat subuh berjamaah peserta dipersilahkan untuk istirahat kembali dirumah.


Acara dilanjutkan setelah solat Zuhur dengan quiz untuk tiap kelasnya. Kemudian dilanjutkan dengan games dan istirahat solat Ashar berjamaah—pembacaan Juz Amma secara bersama. Selanjutnya penutupan acara Pesantren Ramadhan RISMA 02, acara ditutup oleh Penasehat RISMA 02 Bapak Ust. H. Sarmadih., S.Pd. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh RISMA 02 dari awal Ramadhan sampai kegiatan sanlat ini, dan beliau berpesan kepada peserta untuk mengambil hal positif yang diberikan oleh panitia dan membuang hal negatif yang ditunjukkan para panitia.


Setelah acara penutupan dilanjutkan buka puasa bersama dan solat maghrib berjamaah. Kemudian pembagian hadiah peserta terbaik dan sertifikat kepada semua peserta. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi peserta—panitia.

Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah memperkenankan anaknya menjadi peserta sanlat, dan juga kepada para peserta yang terus semangat mengikuti kegiatan mulai hari pertama pembukaan sampai hari terakhir penutupan. Kami berharap semua yang diterima peserta dapat bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Pesan kami untuk kepada para peserta ambillah yang baik dari kami dan buang lah jauh-jauh hal buruk yang kami tunjukkan. Semoga kita dapat bertemu di acara Sanlat di Ramadhan selanjutnya. Aamiin Yaa Rabbal Alamin.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar