Semarak Ramadhan 1439 Hijriyah - RISMA 02

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 16 Mei 2018

Semarak Ramadhan 1439 Hijriyah

Peristiwa Ramadhan merupakan peristiwa satu tahun sekali, sehingga momentum ini sangat tepat sekali untuk dijadikan sebagai penggugah rasa untuk menghadirkan suasana ramadhan di masyarakat. Ramadhan sendiri diambil dari akar kata yang berarti ‘membakar’ atau ‘mengasah’. Dinamai demikian karena pada bulan ini dosa-dosa manusia pupus, habis terbakar, akaibat kesadaran dan amal sholihnya selama bulan Ramadhan. Atau disebut demikian karena bulan tersebut dijadikan sebgai wahana untuk mengasah dan mengasuh jiwa manusia.

Ramadhan Bulan istimewa. Ramadahan bulan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Memang, di bulan ini, Allah membuka lebar-lebar pintu dimana kita bisa membersihkan dosa dan kesalahan yang telah dilakukan, dan untuk melewatinya kita harus melakukan puasa Ramadhan sebulan penuh dengan landasan iman dan ikhlas. Hanya di Ramadhan pula, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadr. Di Ramadhan pula, diturunkannya kitab suci petunjuk hidup bagi manusia, penjelas dan pembeda antara yang haq dan yang bathil, yaitu Al Qur’anul Karim. Di Ramadhan pula, Allah dengan Maha Pemurahnya melipat gandakan pahala dan kebaikan kita.

Syukur Alhamdulillah, jika kita nantinya masih diberi kesempatan lagi untuk bertemu bulan Ramadhan kali ini. Berkenaan dengan hal itu, kami selaku Panitia Semarak Ramadhan 1439 H RISMA 02 Meruyung mencoba memberikan beberapa suguhan kegiatan yang bermanfaat, kegiatan ini mengambil tema “BULAN RAMADHAN SEBAGAI WADAH MENJADI INSAN RABBANI”. Kegiatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan semangat beramal dan beribadah dengan lebih bermakna serta berilmu.  Agar nantinya ibadah di Bulan suci Ramadhan kali ini InsyaAllah tidak hanya mendapatkan Pahala dan Ridho oleh Allah SWT tapi juga mendapatkan Ilmu yang bermanfaat pula. Aamiin.

Kegiatan Ramadhan kali ini akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan 1439 Hijriyah dan memiliki beberapa bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu: 

Pesantren Ramadhan

Dikenal juga dengan istilah Sanlat atau Pesantren Kilat adalah kegiatan training pendalaman ilmu agama Islam yang dilaksanakan dalam waktu singkat untuk mengisi kegiatan libur sekolah. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Mushola Khoiru Wa’Abqo.

I’tikaf dan Qiyamul Lail

Berdiam diri di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari keridhoan dari Allah SWT dengan melakukan ibadah malam yang akan dilanjutkan dengan sahur bersama. Akan dilakukan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan bertempat di Mushola Khoiru Wa’Abqo.

Buka Puasa Bersama

Kegiatan berbuka puasa yang dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah, di masjid, di kantor, di sekolah, di rumah makan bahkan di hotel. Tujuannya dari buka bersama ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara warga sekitar. Kegiatan ifthar jama’i akan dilakukan setiap hari minggu di bulan Ramadhan bertempat di Mushola Khoiru Wa’Abqo

Tadarus Al-Qur’an

Mengaji atau membaca Al-qur'an dalam sebuah majelis dengan membaca secara bergantian. Satu orang membaca dan lainnya menyimak. Biasanya ada seorang ustad/ahli yang mengajari atau membetulkan apabila ada bacaan yang salah. Istilah Tadarus yang sebenarnya mempunyai arti mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji isi Al-qur'an secara lebih mendalam. Dilaksanakan setiap malam setelah Sholat Tarawih Berjamaah.

Safari Ramadhan

Berkeliling masjid atau desa-desa untuk berbuka puasa dan/atau sholat tarawih berjamaah bersama warga. Tujuan Safari Ramadhan adalah untuk menjalin silaturahmi dan pengenalan RISMA 02 di tengah masyarkat, dan tidak hanya di RW 02 Meruyung saja.

Obrog-Obrog

Sekelompok orang atau tim yang berkeliling kampung untuk membangunkan warga untuk sahur. Di Cirebon disebut dengan Obrog-obrog. Untuk kegiatan RISMA 02 ini dilakukan dengan menggunakan pengeras suara Mushola Khoiru Wa’Abqo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar