Peringatan Nuzulul Qur'an Mushola Khoiru Wa'abqo - RISMA 02

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 04 Juni 2018

Peringatan Nuzulul Qur'an Mushola Khoiru Wa'abqo


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Peringatan Nuzulul Quran (turunnya al-Qur'an) diperingati kaum Muslimin Indonesia tiap tanggal 17 Ramadhan. Pada tanggal itu, diyakini pertama kali turunnya al-Quran sekaligus sebagai “simbol peresmian” Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT dengan misinya mendakwahkan Risalah Islam. Karena itu pula, Ramadhan sering disebut Syahr al-Quran (bulan al-Quran). 

Tentu saja, peringatan tersebut diadakan supaya kaum Muslimin, minimal setahun sekali, melakukan pengkajian tentang keimanan terhadap al-Quran dan pengamalan ayat-ayat al-Quran, termasuk menancapkan keyakinan bahwa al-Quran yang merupakan sumber utama ajaran Islam ini benar-benar merupakan kebenaran sejati sebagai pedoman hidup (way of life)

Hal ini diterangkan dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. البقرة 185


"Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (Qs. Al Baqarah: 185)

Dari hal atas tersebut DKM Mushola Khoiru Wa'abqo dan RISMA 02 pun menyelenggarakan Peringatan Nuzulul Qur'an, yang alhamdulillah telah berjalan dengan lancar pada Hari Ahad tanggal 3 Juni 2018 dimulai setelah solat Isya dan solat sunnah tarawih berjamaah di Mushola Khoiru Wa'abqo.

Acara dimulai dengan pembacaan riwayat Nabi oleh Persatuan Hadroh Depok dan Hadroh RISMA 02. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh pembawa acara yang juga senior RISMA 02 Bang Acil Ardiansyah. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua DKM Mushola Khoiru Wa'abqo Bapak Ustad Haji Sarmadih., S.Pd. Sambutan selanjutnya Ketua RW 02 Bapak Aselih dalam sambutannya beliau berterimakasih kepada DKM Mushola Khoiru Wa'abqo yang telah melaksanakan kegiatan bermanfaat ini untuk warga RW 02.

Acara puncak pun di mulai, yaitu pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an yang di bacakan oleh para Qori Nasional yaitu Ustadz Mahdafi Kani, S.Q, Ustadz Miftahul Farid, dan Ustadz Firmansyah Abu Yusuf. Pembacaan ayat suci yang dilantunkan para qori-qori diatas sangat indah dan merasuk kedalam hati yang mendengarkan. Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur'an yaitu ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Farid Mujawid, S.Ag yang juga selaku pembina RISMA 02. Setelah rangkaian acara puncak, acara pun ditutup dengan Do'a. Seteleh penutupan dilakukan sesi dokumentasi dan makan bersama.

Semoga dengan dilaksanakannya acara Nuzulul Qur’an ini kita semakin semangat untuk mentadabburi atau merenungkan isi Al-Qur'an sehingga bisa memahami, mengambil ibrah dan mengamalkan hukum-hukum di dalamnya. Dan ucapan terimakasih kepada semua yang telah meramaikan dan memberikan sedekahnya untuk agenda kali ini, semoga Allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat-lipat ganda. Aamiin

📷[DOKUMENTASI]📷 🎊SEMARAK RAMADHAN 1439 H RISMA 02🎊 -- 💫✨✨✨✨✨✨✨✨✨✨💫 Peringatan Malam Nuzulul Qur'an 📆 3 Juni 2018 -- Alhamdulillah telah dilaksanakan Peringatan Nuzulul Qur'an yang diselenggarakan oleh DKM Mushola Khoiru Wa'abqo dan @02risma . -- Semoga dengan dilaksanakannya acara Nuzulul Qur’an ini kita semakin semangat untuk mentadabburi atau merenungkan isi Al-Qur'an sehingga bisa memahami, mengambil ibrah dan mengamalkan hukum-hukum di dalamnya. -- Terimakasih kepada semua yang telah meramaikan dan memberikan sedekahnya untuk agenda kali ini, semoga Allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat-lipat ganda. Aamiin 🙏 -- #NuzululQuran #Ramadhan1439H #DKMKhoiruWaabqo #RISMA02 #GakAdaMatinya ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ ⬇FOLLOW US!⬇ Media Sosial RISMA 02 📷 IG : @02risma 👤 FB : Risma Meruyung 📹 YC : RISMA 02 Meruyung
A post shared by Remaja Islam Meruyung RW 02 (@02risma) on

Tidak ada komentar:

Posting Komentar